Bertukar Pengalaman, Membangun Credit Union

Pada Minggu,28 april 2019, pengurus koperasi Sejahtera FBLP mengagendakan Study Banding ke Koperasi Credit Union BEREROD GRATIA di Tangerang.

Ico,Parti,Hartini selaku pengurus , serta Reza,Darsih,Uni Zetrinda dan Cipit selaku Pj Koperasi sejahtera FBLP, tepat pukul 09.32 WIB, mereka sampai di tempat tersebut.

Selang berapa menit kita pun mulai saling berkenalan dengan pengelola Koperasi Credit Union BEREROD GRATIA yaitu mb Nuzul, mas Hari Mulyono,Agus wiranto,Rofik,dilanjut sharing tentang pengembangan dan kesulitan,kendala di koperasi kita masing masing.

Rofik menjelaskan Koperasi Credit Union BERORED GRATIA sudah berdiri selama 13 tahun,beranggotakan 11.339 orang yang didominasi kaum buruh.

Misi dari Koperasi Credit UNION BEREROD GRATIA adalah meningkatkan kualitas hidup anggota melalui pemberdayaan berbasis komunitas.

Badan hukum koperasi simpan pinjam(CU) berafiliasi Kopdit Sekunder.ACCU (the Association of Asia Confederation of Credit Unions), pusatnya dibangkok,WOCCU (the world council of credit unions) organisasi dunianya.

Simpanan tanda kepemilikan angota terhadap Koperasi CU BERORED GRATIA terdiri atas simpanan pokok dan simpanan wajib.
Simpanan pokok Rp 1,000,000 dan simpanan wajib tiap bulan Rp 20,000.

Selain Simpanan kepemilikan Anggota , Mash ada 6 lg produk simpanan yaitu 1.Simpanan Megapolitan,2 Simpanan Pagan,3 Simpanan Pundi Gratia,4 Simpanan Multiguna,5 Simpanan Pendidikan,6 simpanan Wisata.

Saham keseluruhan di Koperasi BEREROD GRATIA 165 milyar dan mempunyai 10 cabang,3di Bekasi,3 Di Jakarta dan di Tangerang 4 cabang.Di Koperasi CU Bererod Gratia ada 10 produk pinjaman. Salah satunya adalah pinjaman untuk menambah simpanan

Tujuan didirikanya Credit Union (CU) adalah untuk kesejahteraan anggotanya.

4 pondasi terpenting yang harus ada Koperasi dan CU adalah.
1. Pendidikan dan pelatihan .
2. Pemberdayaan anggota
3. Penguatan organisasi
4. Pelayanan anggota .

Salah satu pilar dari Credit Union adalah “Dimulai dengan pendidikan,berkembang dengan pendidikan,Dikontrol oleh pendidikan dan Tergantung pada pendidian.

Pendidikan merupakan Pilar Terpenting untuk berkelanjutannya Credit Union. Jadi, buat kamu semua, ayo menimba ilmu selagi bisa.

Oleh Cipit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + sixteen =