Apa yang Dimaksud Dengan Keputihan

Hampir semua perempuan pernah mengalami yang namanya keputihan, seberapa bahaya sih keputihan ini? Berawal dari obrolan 3 buruh perempuan hingga akhirnya berhasil mengumpulkan teman- temannya untuk membicarakan kesehatan Reproduksi perempuan, cukup menarik buat dijadikan tulisan buat pengetahuan bersama seputar keputihan

Kedot : lumayan, tadi beli mentimun sama bengkoang ehhh… sekarang kamu kasih buah pepaya terima kasih ya, rujakan ah nanti hari Minggu, maennn ya ke kontrakanku

Salbiyah : Aih,,, Kedot, kamu nggak takut keputihan ? makan timun, nanas, bengkoang dan pepaya itukan bikin keputihan, becek, gatelll, dan bau tau, coba deh tanya sama si Euis

Euis : Iya dot, itu kata ibu kontrakan aku begitu, tuh yang ada di tentengan plastik kamu bisa bikin keputihan apalagi kalau kita jorok, ……..jorok tuh apa aja dimakan
Salbiyah : Kalo apa aja dimakan namanya bukan jorok tapi rakus tauuu
Kedot : Bukan jorok bukan rakus artinya itu doyan makan aja sih

Kedot : Euis , Salbiyah nggak benerrr ahhh……. makan timun, nanas, bengkoang dan pepaya bikin keputihan, becek, gatel, apalagi bau, semua itu MITOOOSSSS

Euis : Iya … dot, itukan kata ibu kontrakan aku, lagian apa sih yang dimaksud dengan keputihan ?
Salbiyah : Euis….. keputihan itu cairan yang keluar dari kemaluan kamu, aku juga keputihan kalau kecapean, banyak pikiran apalagi kalo gajian masih lama kayanya stres gitu ujung ujungnya kadang keputihan ( heheheheheheh)

Euis : Salbiyah ini ngaco … apa coba kaitannya gajian masih lama dengan keputihan aaaaanehhhhhhh

Salbiyah : Apa sih tanda- tanda keputihan ?

Kedot : Keputihan itukan ada 2 dua kategori, pertama apa penyebab keputihan yang normal dan yang kedua apa penyebab keputihan yang tidak normal ?

Euis : Ohhh… masa sih dot, ada keputihan normal dan nggak normal ? terus gimana dong mencegah dan mengatasi keputihan ?

Kedot : Itu dia kita nggak tahu jawaban dari pertanyaan kita semua ini, tapi kalo kamu butuh penjelasan atau jawabannya, aku punya sih yang bisa kasih penjelasan biar nggak MITOS mulu kita ini ,……. gimana mau gak ?

Euis : Mau dong… dot, butuh ini buat kita – kita sebagai perempuan, kadang di pabrik tempat kita kerja toilet aja ada yang nggak bersih airnya, ada pengaruh nggak itu dengan keputihan?

Salbiyah : Mauuuu …. kapan kumpulnya, dimana tempatnya dan jam berapa waktunya, ( semangat banget )

Salbiyah : Kedot.. Euis… gimana kalau yang teman – teman yang lain kita ajak ? Biar pada tauuuu.

Kedot : Bolehhh …boleehhh bangettt bagus itu, jadi biar banyak yang tau, hari Minggu ya jam 1 siang tempatnya di kontrakanku aja, ini hari Jumat masih sempatlah ku hubungi temanku semoga mbak Hantu lagi nggak sibuk ya..

Euis : Mbak Hantu? siapa sih dot ….

Kedot : Temanku dipanggilnya Hantu, dan dia nyaman dengan panggilan Hantu …..udah nanti juga tau dehhh orang yang namanya Hantu (hehehehehehehe)

Salbiyah : Ku mau ngajak : si Iroh, Reni, Doli, Siska Qc , Nur Madura, Nur Bugis, Erni menor, Uni Padang , Ros Medan , Heni dan si Nda

Euis : Heni orang Manado ?
Salbiyah : Iya,, Heni Manado, si lejoooooonnng

Euis : Ihhhh…. jangan si Heni Lejong lah… ngeriiii, suaminya galak, si Heni sering dipukulin tau, apalagi kalo dari pabrik pulangnya telat, padahal kalo mau dilaporain ke polisi bisa itu, kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga

Kedot : Memang belum tau yakkk….si Heni dua hari nggak masuk kerja kemana? Heni sudah mengundurkan diri dari kerjanya dibawa sama si zacky suaminya ke Pangkal Pinang

Salbiyah : Oooooohhh… kukira si Heni cuti,,, tarik nafas aku ini, kadang nyesekkkk kalo liat si Heni nutupin terus kelakuan si Zacky, memang butuh waktu buat si Heni untuk berani buka suara ya, kok mau si Heni di bawa ke Pangkal Pinang sih ( bertanya sendiri )

Eius – Kedot : hanya bisa saling pandang)

Kedot : Nantilah ganti si Heni biar Linda aja ya

Dua hari Kemudian, terjadilah diskusi hunian temanya seputar keputihan dengan menu rujakan buah – buahan dan dihadiri oleh 13 orang, sampai tibalah waktu sesi tanya jawab

Euis : Apa sih yang dimaksud dengan keputihan ?

Hantu : Keputihan di kalangan medis dikenal dengan istilah “ LEUKORE atau FLUOR ALBUS”, yaitu keluar cairan dari Vagina, cairan yang keluar dari Vagina tersebut merupakan pelumas alami yang membuat jaringan tetap lembab dan bebas infeksi

Salbiyah : Apa sih tanda- tanda keputihan?

Hantu : keputihan yang normal terlihat jernih, tidak berbau dan biasanya muncul beberapa saat sebelum atau sesudah menstruasi.

Hantu : Bila infeksi terjadi, maka keputihan menjadi tidak normal, berupa keluarnya cairan secara berlebihan dan menimbulkan gejala- gejala yang sangat mengganggu seperti rasa gatal, bau yang kurang sedap/busuk. Keluar cairan yang lengket, dan warna cairan yang tidak seperti biasanya misalnya berwarna kehijauan, kekuningan, keruh, atau berbintik- bintik. Dan akan lebih berat seringkali juga disertai rasa panas seperti terbakar Vagina

Nur Madura : Apakah penyebab keputihan yang normal?

Hantu : keputihan yang normal adalah (1). Dapat terjadi pada masa ovulasi yaitu kurang lebih 12-14 setelah menstruasi, (2) Dalam keadaan terangsang atau birahi, (3) Dalam keadaan Stres atau emosional

Nur Madura : Lalu apakah penyebab keputihan yang tidak normal ?

Hantu : keputihan yang tidak normal adalah (1) Biasanya disebabkan oleh infeksi jamur,bakteri atau parasit, infeksi jamur dapat terjadi akibat perubahan kadar hormon, gula darah, atau rendahnya daya tahan tubuh. Perubahan tersebut biasanya dipicu oleh pemakaian obat obatan hormonal, penyakit kencing manis, kelelahan atau stres.
(2 ) Keputihan yang disebabkan oleh jamur menyebabkan gatal dan warna vagina menjadi kemerahan, keputihan jenis ini dapat diobati sampai sembuh, asalkan penderita rajin memeriksakan diri.
(3) Keputihan akibat bakteri atau parasit biasanya timbul karena hubungan seksual, sehingga pasangan sebaiknya diikutsertakan dalam pemeriksaan
(4) Apabila penyebabnya adalah virus, biasanya diperlukan pemeriksaan laboratorium secara seksama,
(5 ) Apabila dicurigai adanya keganasan, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan jawaban yang akurat
(6) Keputihan yang tidak normal juga dapat disebabkan oleh: Luka, penyakit keganasan misalnya Tumor, benda asing akibat pemakaian Spiral dan penyakit hubungan seksual misalnya : gonore atau Raja Singa dan AIDS

Hantu : Kedot…… kamu Kenapa ( liat Kedot meringis sambil lipat kakinya )
Kedot : Vagina saya linu mendengar penjelasan ini ( senyum meringis dan malu )

Semua yang ada di ruangan itu tertawa atas sikap lucunya Kedot

Kedot : Nah ini sesi pertanyaan yang terakhir ya

Ros Medan : Bagaimana cara mencegah keputihan ?

Hantu : Keputihan yang tidak normal dapat dicegah dengan cara
1.Merawat dan memelihara kebersihan daerah vagina, boleh gunakan sabun lembut tanpa pewangi untuk mandi sekaligus membersihkan vagina agar tidak terjadi iritasi/ lecet
2. Selalu membasuh daerah intim dari depan ke belakang setelah buang air untuk mencegah penyebaran bakteri dari anus ke vagina.
3. Sering mengganti pembalut saat haid (buruh perempuan yang terus kejar target harus utamakan kesehatannya ya )
4. Menjaga berat badan – kegemukan dapat mempermudah infeksi yang disebabkan karena sirkulasi udara di sekitar vagina terhambat
5. Hindari pakaian dalam yang terlalu ketat serta terbuat dari bahan sintetis
6. Hindari penggunaan antibiotika berkelanjutan
7. Tingkatakan kualitas hidup dengan berolahraga secara teratur dan mengindari Stress
Ros Medan : Bagaimana cara mengatasi keputihan

Hantu : Keputihan akibat infeksi tidak dapat disembuhkan dengan obat – obatan yang dijual bebas , selama obat tersebut tidak membunuh bakterinya. Berendam ataupun membasuh vagina dengan air rebusan sirih boleh saja, namun sayangnya daun sirih itu tidak dapat mematikan bakteri sampai kepusat pengeluaran cairan.

Nah……….Untuk itu, segera periksakan diri ke dokter jika keputihan dirasa amat mengganggu.

Salbiyah : Terakhir dong mbak Hantu (mengacungkan tangan dengan cepat)

Salbiyah : Apakah keputihan berhubungan dengan makan Mentimun, Pepaya, Bengkoang dan Nanas?

Hantu : Pendapat yang menyatakan bahwa makan mentimun, Pepaya, Bengkoang, atau Nanas dapat menyebabkan keputihan adalah MITOS , faktanya kandungan vitamin dan mineral pada buah- buahan tersebut justru sangat baik untuk kesehatan.

Kedot : Benarkan aku bilang bahwa makan buah timun , pepaya, nanas, bengkoang tidak menyebabkan keputihan dan itu MITOS….. TOS…. TOSS… TOSSSSSS (sambil… toss sebelah tangan dengan teman yang lainya)

Euis : Wahhh….. asikkk punya pengetahuan kesehatan lagi ………..Teman – teman gimana kalau kita ngobrol seperti ini lagi tentang kanker Payudara, apakah semua setuju ?

Ramai- ramai : Setujuuuuuu……… yukkkkkk……. kapan…… ?

Oleh: Thien Kusna, seorang Feminis, pernah bekerja di pabrik garmen hampir seluruh hidupnya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =